Sukarelawan di balik Departemen Pendidikan dan Penyadartahuan!

Membawa masyarakat Selamatkan Yaki up-to-date dengan berita terbaru dari konservasi termasuk kegiatan terbaru dan keberadaan tim Selamatkan Yaki kami, berikut adalah beberapa orang yang telah bekerja secara sukarela di balik itu!

Karina di hari kelulusannya.

Karina di hari kelulusannya.

“Hallo semua, nama saya Karina. Saya baru saja lulus dari University of Glasgow dengan gelar MSci dalam Genetika. Saya memiliki dua keinginan besar dalam hidup yaitu ilmu pengetahuan dan dunia hewan untuk itu sekarang saya telah lulus dan akan senang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan dan rasa iba untuk membantu membuat perbedaan dalam kelangsungan hidup dan perlindungan dari Monyet Hitam Sulawesi (yaki).

Sebuah film dokumenter BBC yang ditayangkan pada TV nasional Inggris menginformasikan lebih dalam tentang kehidupan Yaki  dan status mereka yang terancam punah. Sejak saat saya terusmemperhatikan monyet-monyet yang agung ini yang langsung langsung membuat saya jatuh cinta dengan karakter jahil mereka, interaksi seperti manusia dan gaya rambut mereka yang keren! Saya merasa sangat sedih mengetahui tentang penurunan populasi yang yang dramatis disebabkan oleh manusia berburu Yaki serta merusak habitat mereka. Saya juga berkesempatan bertemu kera Barbary yang sangat nakal namun lembut di Gibraltar namun menyedihkan melihat  habitat mereka telah diambil alih oleh manusia dan mereka juga merupakan spesies primata yang terancam punah. Kemitraan baru antara Selamatkan Yaki dan Moroccan Primate Conservation foundation (Yayasan Konservasi Primata Maroko) membuat kegiatan sukarelawan untuk tim SY lebih menarik dan bermanfaat! Pekerjaan yang dilakukan oleh tim SY sangat menginspirasi dan saya benar-benar percaya akan dukungan yang tepat dan antusiasme di balik tim yang hebat bekerja di program konservasi Selamatkan Yaki, monyet elok yang terancam punah dapat diselamatkan dengan masa depan yang cerah. Saya akan menjadwalkan update pada halaman Facebook dan Twitter SY dengan artikel berita terbaru, informasi, gambar dan video dari Yaki. Saya berharap bahwa dalam waktu dekat mendatang, saya dapat mengunjungi tim di Manado, bekerja sukarela dengan  keterampilan saya di bidang sains dan memenuhi monyet jahil yang telah menemukan tempat di hati saya .”

~

Nama saya Marsya Christyanti Sibarani, “Sibarani” adalah nama keluarga Batak, salah satu suku Indonesia dari Sumatera. Namun, saya telah tinggal di kota besar, Jakarta, sejak lahir, jadi saya tidak memiliki pengalaman masa kecil berinteraksi dengan hutan dan satwa liar. Di masih kecil, saya suka menonton documenter satwa liar dokumenter di TV, dan melalui program ini saya menyadari isu-isu lingkungan. Saya memutuskan untuk belajar di Departemen Biologi, Universitas Indonesia.

423445_3165864424178_1094619427_nSaat ini, saya sedang dalam tahun ketiga program sarjana di universitas, mengambil subjek ekologi hewan sebagai fokus studi saya. Pada tahun pertama, saya memutuskan bergabung dengan kelompok studi satwa liar bernama KSHL Comata. Ini merupakan organisasi mahasiswa yang menjadi pemerhati konservasi satwa liar. Melalui kelompok studi ini, saya belajar bagaimana bekerja di lapangan, mengamati satwa liar, merancang penelitian , dan mengkomunikasikan temuan kami untuk mempengaruhi orang. Kelompok studi ini juga membawa saya ke beberapa tempat mengagumkan seperti hutan pegunungan dari Pangrango Mountain, savana kering Baluran, dan surga burung di Pulau Rambut. Tim saya kelompok studi dan saya telah menerbitkan penelitian kami tentang komunitas burung perkotaan di ATBC Asia -Pasifik Chapter Meeting 2013, Banda Aceh.

Meskipun saya menyukai hampir setiap jenis satwa tapi minat utama saya adalah primata. Saya menyelesaikan magang saya tentang populasi siamang gibbon (Symphalangus syndactylus) di Bukit Barisan Selatan National Park, Lampung, Sumatera. Saya berencana untuk menyelesaikan penelitian saya untuk gelar sarjana tentang siamang gibbon juga. Jika orang bertanya kepada mengapa saya mencintai spesies ini, saya akan menjawab karena mereka bernyanyi! Pertama kali melihat spesies ini adalah ketika saya datang ke Kebun Binatang Ragunan sebagai bagian dari program bidang Keanekaragaman Hewan. Saya mengunjungi kandang gibbon dan kemudian mereka menyerukan vokalisasi yang sangat keras. Merasa bahwa itu sangat mengagumkan, saya mulai membaca karya ilmiah tentang vokalisasi gibbon. Saya menjadi lebih tertarik dan mulai mempelajari lebih lanjut tentang ekologi dan perilaku mereka.

Terima kasih banyak dari yaki yang nakal atas uluran tangan dari semua sukarelawan kami.

Terima kasih banyak dari yaki yang nakal atas uluran tangan dari semua sukarelawan kami.

Saya bergabung dengan tim media social SY karena saya ingin berkontribusi untuk konservasi primata mulai dari melakukan hal-hal kecil: berbagi pesan. Setiap hari banyak orang dari berbagai usia mengakses internet, berselancar di media sosial. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk berbagi isu-isu tentang satwa liar dalam rangka untuk menyebarkan pesan konservasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Alasan kedua adalah karena saya tidak benar-benar up-to -date dengan berita konservasi. Dengan menjadi bagian dari tim media sosial SY, saya harus terpacu mencari informasi lebih banyak dan lebih secara sukarela sehingga saya bisa berbagi berita yang tepat untuk orang lain.

Konservasi satwa liar merupakan masalah penting. Ekologi saja tidak akan mampu melindungi mereka. Konservasi adalah kerja tim antara para ilmuwan, pemerintah, dan masyarakat. Langkah pertama untuk membuat orang sadar adalah untuk membiarkan mereka tahu tentang masalah ini. Jadi, mari kita menyebarkan pesan tersebut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s