Para Duta berbicara di SMP-SMP Langowan!

Awal tahun ini kami mengunjungi SMA-SMA di seluruh Langowan dan memilih satu orang siswa dari setiap SMA untuk menjadi Duta Yaki kami. Sekarang, giliran para Duta ini yang berbicara di depan adik-adik mereka di SMP-SMP di Langowan dan menghimbau mereka untuk menjaga lingkungan dan melindungi yaki! Simak sepak terjang para Duta Yaki ini di SMP-SMP di Langowan!

 

Over 800 students at SMP N 1 Langowan! | Lebih dari 800 siswa di SMP N 1 Langowan!

Over 800 students at SMP N 1 Langowan! | Lebih dari 800 siswa di SMP N 1 Langowan!

Pada pertengahan April, Duta-Duta yang masih penuh semangat sesudah Yaki Youth Camp diterjunkan ke SMP N 1 Langowan untuk memberikan sosialisasi, tentu saja dengan tim kami sebagai pendamping. Sosialisasi pembuka ini dibawakan oleh Debora Manopo, Duta Yaki dari SMA N 1 Langowan. “Saya merupakan alumni SMP N 1 Langowan, jadi saya tidak terlalu gugup,” kata Debora. “Saya rasa pada awalnya para siswa tertarik karena mereka merasa yaki itu lucu. Mereka tidak tahu yaki itu hampir punah, jadi mereka tampak kaget ketika tahu betapa sedikit jumlah yang tersisa di hutan.”

 

Ira gave the talk at SMP N 4 Atep together with Edo, Yaki Ambassador from Tomohon. |Ira menyampaikan materi di SMP N 4 Atep bersama Edo, Duta Yaki dari Tomohon.

Ira gave the talk at SMP N 4 Atep together with Edo, Yaki Ambassador from Tomohon. |Ira menyampaikan materi di SMP N 4 Atep bersama Edo, Duta Yaki dari Tomohon.

SMP-SMP di Langowan letaknya cukup tersebar. SMP paling jauh yang kami kunjungi terletak di desa Atep, yang dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari Langowan menggunakan mobil. “Saya belum pernah ke Atep, jadi saya merasa beruntung bisa jalan-jalan ke sana untuk sosialisasi,” ujar Ira Manggribeth, Duta Yaki dari SMA Kristen Schwarz Langowan. Masyarakat masih sering melihat yaki di sekitar Atep karena desa tersebut dikelilingi hutan yang cukup lebat. “Meski para siswa pernah melihat yaki, mereka tetap saja penasaran dengan materi kami. Mereka hanya melihat yaki sekilas, tapi tidak tahu kesehariannya seperti apa. Mereka juga terlihat terkejut ketika tahu yaki hampir punah!”

 

Leyfi at SMP N 2 Langowan. | Leyfi di SMP N 2 Langowan.

Leyfi at SMP N 2 Langowan. | Leyfi di SMP N 2 Langowan.

Setelah pelatihan yang cukup intensif (tapi menyenangkan!) di Yaki Youth Camp, kami sudah tidak perlu berbicara lagi di depan! Tim kami hanya mendampingi dan memperkenalkan para Duta di awal presentasi. Sosialisasi yang sesungguhnya, yang menjelaskan betapa pentingnya menjaga lingkungan dan menjaga yaki, dibawakan para Duta kami. Di SMP N 2 Langowan, Duta yang diberi tugas untuk menyampaikan materi sosialisasi adalah Leyfi Kiling, Duta kami dari SMA N 2 Langowan. “Perasaan saya campur aduk ketika presentasi. Kaki saya sampai gemetaran,” ujar Leyfi. “Tapi ternyata menyenangkan berbicara di depan adik-adik SMP! Mereka kadang-kadang ribut, tapi ribut karena tertarik dengan topik yang kami bawakan. Ketika kami masuk sesi tanya-jawab dan quiz, mereka berebut angkat tangan. Melihat mereka bersemangat dan ceria mengikuti presentasi saya membuat saya juga semakin semangat dan semakin senang!”

 

The enthusiastic students from SMP N 9 Langowan. | Para siswa yang bersemangat di SMP N 9 Langowan.

The enthusiastic students from SMP N 9 Langowan. | Para siswa yang bersemangat di SMP N 9 Langowan.

Selain itu, mereka juga menyemangati adik-adik SMP dengan menceritakan bagaimana kegiatan konservasi bisa menjadi sangat seru, seperti yang kami lakukan di Yaki Youth Camp, dan tentu saja mengajarkan Yel-yel YYC kami pada mereka! Ketika tim SY mengunjungi SMP N 9 Langowan, tugas mengajarkan Yel-yel YYC diberikan pada Vanesa Tewuh, Duta Yaki dari SMK N 1 Langowan. “Para siswa tertawa-tawa ketika kami mengajarkan Yel-yel YYC,” kata Vanesa. “Tapi ketika giliran mereka bernyanyi, mereka menyanyikannya dengan semangat 45!”

 

Some students at SMP N 2 Langowan also had to stand during the talk. | Di SMP N 2 pun ada siswa mengikuti presentasi sambil berdiri.

Some students at SMP N 2 Langowan also had to stand during the talk. | Di SMP N 2 pun ada siswa mengikuti presentasi sambil berdiri.

Sosialisasi tidak selamanya berjalan mulus. Di beberapa sekolah, ruang pertemuan menjadi kendala karena tidak ada aula yang bisa menampung semua siswa dengan nyaman. “Waktu itu, saya ikut sosialisasi di SMP N 2 Langowan. Sosialisasi diikuti seluruh siswa, dari kelas 7 hingga 9, sementara sosialisasi diadakan di satu ruangan kelas. Terpaksa, sebagian siswa mengikuti materi sambil berdiri,” ujar Alfano Piri, Duta Yaki dari SMK Yadika Langowan. Di sekolah-sekolah lain, sosialisasi sempat terhambat karena masalah listrik. Mau tidak mau, tim kami serta para Duta harus berimprovisasi dan menyampaikan materi tanpa bantuan projector! Ivan Welang, Duta kami dari SMA Yadika Langowan, mendapat giliran berbicara di depan siswa SMP N 6 Langowan. Karena kendala listrik, Ivan pun menyampaikan materi sambil memegang laptop, sesekali berjalan di antara para siswa agar mereka bisa melihat presentasi. “Saya merasa gugup ketika tahu tidak ada listrik, tapi saya berusaha berbicara seperti biasa,” kata Ivan. “Meski tidak ada projector, mereka tetap semangat mengikuti sosialisasi karena penasaran tentang yaki.”

Ivan giving the talk, laptop in hand. | Ivan menyampaikan materi dengan laptop di tangan.

Ivan giving the talk, laptop in hand. | Ivan menyampaikan materi dengan laptop di tangan.

Kami sangat bangga dengan Duta-Duta kami di Langowan. Dalam beberapa bulan, kemampuan mereka untuk menyampaikan pendapat di depan umum berkembang pesat! Nantikan kabar selanjutnya mengenai Duta-Duta kami di Tomohon, yang juga sudah melakukan sosialisasi kepada adik-adik mereka di SMP-SMP di Tomohon! Semoga dengan bertambahnya kesadaran generasi muda mengenai ancaman yang dihadapi yaki, semakin bertambah pula kesadaran untuk melindungi mereka dari ancaman kepunahan!

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s